Monday, December 7, 2009

So.... Apa Manfaat dari Bersekolah???


Beberapa manfaat yang didapatkan jika anak-anak kita bersekolah, yaitu:
1) Dengan bersekolah, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan akademisnya. Oleh karena itu, dalam memilih sekolah hendaknya orang tua memperhatikan sistem pendidikan yang dipergunakan di sekolah tersebut ("Sekolah Untuk Balita", 2007).

2) Kebanyakan anak hanya bersosialiasi dengan anggota keluarga saja, seperti orang tua, kakak, atau adik. Sekolah akan menjadi tempat bagi anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang lain di luar lingkungan rumahnya, yaitu dengan para guru dan anak-anak lain. Di sekolah, anak dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan berbagai macam orang ("Sekolah Untuk Balita", 2007).

3) Bersekolah akan melatih kemandirian anak, karena di sekolah anak didorong untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan untuk memahami aturan. Hal-hal tersebut adalah proses awal untuk masuk ke dalam kehidupan yang sesungguhnya nantinya (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini?, 2009).

4) Memberikan peluang bagi anak untuk membuat kelompok. Kelompok bermain/kelompok kerja memberikan ruang bagi anak untuk bertoleransi dan merasa nyaman dengan anak-anak yang sebayanya. Bermain berkelompok juga memberikan peluang untuk bekerja sama, tertawa bersama, dan menyelesaikan 'suatu proyek' secara bersama-sama. Dengan bersekolah, anak dapat menemukan seorang teman atau sahabat, bermain dan bekerja dengan sahabat, serta memelihara persahabatan adalah satu hal yang fundamental di dalam kehidupan (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini?, 2009).

5) Menolong anak untuk memahami disiplin dan belajar berdisiplin. Disiplin yang dimaksud adalah dengan pembiasaan melakukan satu tugas kecil secara rutin. Anak juga dapat memahami dengan jelas mana yang boleh mereka lakukan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan. Anak juga akan dilatih untuk merespon gurunya, menyesuaikan diri dengan anak lainnya, dilatih untuk berempati dan berbagi dengan orang lain (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini?, 2009).

6) Melatih seluruh aspek perkembangan dan keterampilan anak. Sekolah akan membantu anak untuk siap memasuki dunia nyata ketika mereka beranjak dewasa (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini?, 2009).

7) Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas. Dunia kita membutuhkan orang-orang yang kreatif, memiliki imajinasi yang tinggi untuk dapat menciptakan penemuan yang baru (Apa Istimewanya Sekolah Anak Usia Dini?, 2009).

Referensi:
Apa istimewanya sekolah anak usia dini (2009). Diambil 14 Desember 2009, dari http://www.gkpi.org./index.php?option=com_content&view=article&id=72&itemid=83

Sekolah untuk balita
(2007).
Diambil 8 Desember 2009, dari http://evatiopitna.multiply.com/journal/item/351/Sekolah_untuk_Balita

No comments:

Post a Comment